Senin, 31 Januari 2011

Jahe Merah Instan


 
Jahe merupakan salah satu tanaman obat dengan klaim khasiat paling banyak. Tak heran jika berbagai produk obat tradisional menggunakannya sebagai salah satu bahan utamanya. Berbeda dengan varietas Jahe Gajah (Z.officinale var. Offici-nale) dengan rasa kurang pedas atau varietas Jahe Kuning (Z.officinale var. amarum) yang biasa digunakan sebagai bumbu dapur, Jahe Merah (Z. officinale var. rubrum) memiliki ukuran rimpang yang paling kecil bila dibandingkan dengan 2 jenis jahe tsb. Kandungan Minyak Atsiri dan kandungan komponen lain Jahe Merah paling tinggi dengan rasa yang paling pedas.

Bersifat panas pada tingkat kedua, lembab pada tingkat pertama. Bisa menghangatkan tubuh, menyuburkan kandungan, mengatasi gangguan pencernaan dengan cara membantu proses pencernaan dengan cara melunakkan makanan didalam lambung dan menghancurkan sisa makanan yang lengket (hal ini bisa terjadi karena Jahe mengandung 2 enzim pencernaan yang penting. Pertama, protease yang berfungsi memecah protein. Kedua, lipase yang berfungsi memecah lemak. Kedua enzim ini membantu tubuh mencerna dan menyerap makanan).

Jahe juga mengobati masuk angin, menggugah gairah seksual, meningkatkan kemampuan seksual dan mengentalkan sperma. Mengatasi angin duduk didalam usus dan lambung, melancarkan peredaran darah, melonggarkan pernafasan bagi penderita sesak nafas/asma serta mengencerkan dahak. Secara umum sangatlah baik bagi lambung dan liver yang kedinginan dan menolak bahaya makanan yang dingin dan kasar.

Berikut adalah beberapa manfaat jahe :

* Analgesic (pereda rasa sakit) alami, mengatasi nyeri otot, radang sendi, nyeri rematik, sakit kepala dan migrain
* Merangsang pelepasan hormon adrenalin, memperlebar pembuluh darah sehingga darah mengalir lebih cepat dan lancar. Tubuhpun menjadi lebih hangat, kerja jantung memompa darah lebih ringan, tekanan darah menurun.
* Meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh.
* Suplemen alami dalam program diet. Cocok untuk mengatasi diare akibat bakteri E.Coli
* Bersifat sedative, antipyretic dan antibacterial.
* Memblok serotonin, yaitu senyawa kimia pembawa pesan penyebab terjadinya kontraksi pada perut sehingga timbil rasa mual (mabuk perjalanan). Karenanya, meminum Jahe Merah sebelum bepergian akan sangat bermanfaat bagi tubuh.
* Mengobati radang tenggorokan, asma dan bronchitis.
* Jahe mengandung antioksidan yang membantu menetralkan efek merusak yang disebabkan oleh radikal bebas didalam tubuh.
* Membantu mengatasi Ejakulasi Dini.
* Membuat lambung menjadi nyaman, membantu mengeluarkan angin, meringankan kram perut saat menstruasi atau kram akibat terlalu banyak mengkonsumsi makanan berlemak.
* Membantu memperlancar ASI.
* Jahe sekurangnya mengandung 19 komponen bio-aktif yang berguna bagi tubuh. Komponen utamanya adalah gingerol, bersifat antikoagulan, yaitu mencegah penggumpalan darah, mencegah tersumbatnya pembuluh darah (penyebab utama stroke dan serangan jantung). Gingerol juga diperkirakan membantu menurunkan kadar kolesterol.
* Mencegah dan mengobati Influenza.

dengan formulasi khusus jahe merah mampu meningkatkan vitalitas pasutri, sehingga keharmonisan rumah tangga dapat terjaga. dengan mongkonsumsi rutin jahe merah imunitas tubuh menjadi lebih baik.

Nah tunggu apa lagi???
Kalau ada yang alami kenapa pilih yang isntan tapi berefek pada kesehatan....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar